Minggu, 13 Maret 2016

5 Negara terkaya di bumi saat ini, 2 diantaranya tetangga Indonesia

Boston Consulting Group (BCG) mengeluarkan data terbaru mengenai pergerakan orang kaya dunia. Menurut data BCG, orang kaya dunia terus bertambah, dan bahkan pada 2019 mendatang, miliuner tersebut akan mengontrol atau menguasai hampir setengah dari kekayaan dunia.

Masih dari data BCG, tahun 2014 lalu orang kaya dunia tercatat sebanyak 17 juta orang. Angka ini naik dari tahun sebelumnya atau 2013 yang hanya 15 juta orang.
Miliuner dunia saat ini disebut sudah menguasai 41 persen dari kekayaan global yang mencapai USD 164 triliun. Angka ini naik dari 2013 silam, di mana orang kaya dunia hanya menguasai 40 persen kekayaan global. Laporan ini memprediksi pada 2019 mendatang, orang kaya dunia akan menguasai 46 persen atau hampir setengah kekayaan bumi.
Dilansir dari World Atlas, selain para penduduknya, juga tercatat sejumlah negara super kaya di dunia. Kekayaan suatu negara ini ada yang berkat berkah sang pencipta di mana diberi kekayaan minyak bumi berlimpah, ada juga yang kaya berkat pengelolaan ekonomi mumpuni.
Berikut merdeka.com akan merangkum 5 negara dalam daftar terkaya sejauh ini menggunakan indikator pendapatan domestik bruto per kapita mereka.

1.
Qatar


 
Qatar menempati peringkat pertama sebagai negara terkaya di dunia. Produk domestik bruto (PDB) per kapita negara ini mencapai USD 140.649.
Qatar menjadi salah satu negara kaya di dunia berkat hasil minyak buminya. Minyak bumi menyumbang 70 persen penerimaan negara, 60 persen PDB, dan 85 persen hasil ekspor.
Berkat kekayaan dan kedigdayaan perekonomian, Qatar sukses terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar menjadi negara Arab pertama yang mampu menjadi tuan rumah pagelaran akbar sepak bola dunia ini.

3.
Singapura


Negara mini tetangga Indonesia ini tercatat memiliki pendapatan domestik bruto mencapai USD 82.763. Angka ini membuatnya naik 5 peringkat dari tahun lalu ke posisi 3.
Basis kekayaan Singapura ialah pada industri jasa keuangan, ekspor industri kimia, dan kebijakan perekonomian liberal yang mendorong pertumbuhan dan inovasi.
Pelabuhan Singapura juga menjadi pelabuhan kedua tersibuk di dunia. Nilai ekspor dari pelabuhan tersebut mencapai USD 414 miliar pada 2011.

4.
Kuwait

Kuwait ialah negara yang relatif kecil, namun, pemilik kekayaan minyak bumi berlimpah. Berkat minyak ini, Kuwait mencatat PDB per kapitanya mencapai USD 73.246.
Kuwait merupakan pemilik dari 10 persen cadangan minyak dunia. Maka dari itu, tak heran jika pertumbuhan ekonomi negara ini mayoritas disumbang dari industri perminyakan. 95 Persen ekspor Kuwait juga disumbang dari komoditas minyak.

5.
Brunei Darussalam


Satu lagi negara tetangga Indonesia masuk jajaran terkaya dunia. Brunei Darussalam sukses menempati peringkat ke-3 sebagai negara terkaya dengan PDB mencapai USD 71.185.
Ekspor kekayaan alam Brunei berupa minyak dan gas bumi sebagai penyumbang signifikan pertumbuhan ekonominya. Sama seperti negara produsen minyak lainnya, Brunei mulai mendiversifikasi basis ekonominya.

0 komentar:

Posting Komentar